Selasa, 08 September 2015

MENGENAL MACAM-MACAM FOUNDATION WAJAH



Foundation wajah itu apa sih?


Mungkin masih ada yang belum mengenal Foundation wajah, jadi saya akan jelaskan secara singkat aja tentang foundation. Foundation atau alas bedak biasanya digunakan sebelum mengaplikasikan bedak ke wajah. Fungsi utama foundation adalah membuat wajah terlihat lebih halus dalam waktu yang singkat.
Foundation juga berguna untuk menyamarkan berbagai kekurangan yang dimiliki oleh wajah seperti kerutan, bekas jerawat, noda hitam, bekas luka, dan lainnya. Yaa walau pun untuk fungsi yang ini, akan lebih tepat jika digunakan bersama Concealer. Berikut ini adalah beberapa jenis foundation:

1. Sheer foundation

Sheer foundation adalah jenis alas bedak yang mengandung bahan silikon namun mudah diaplikasikan ke muka. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih bersinar alami serta bebas minyak.

2. Matte foundation

Alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. Foundation jenis ini juga mudah kering sehingga tidak disarankan untuk mengaplikasikan alas bedak ini terlalu tebal pada wajah.

3. Oil-based foundation

Alas bedak jenis ini mengandung minyak dan sangat disarankan bagi Anda yangmemiliki kulit kering.

4. Liquid foundation

Liquid foundation terdiri dari dua jenis foundation yang berbahan dasar air dan minyak. Untuk yang berbahan dasar air justru disarankan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif karena alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak.
Sementara yang berbahan dasar minyak sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit kering atau dehidrasi pada kulit.

5. Cream foundation

Alas bedak jenis ini halus seperti krim dan memiliki kandungan pelembab. Untuk Anda yang ingin menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah, foundation ini sangat disarankan.  Cream foundation sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah dan normal.

6. Mousse

Foundation atau alas bedak ini menyerupai busa dan bisa menutup noda yang tebal pada wajah. Bila digunakan, hasilnya akan lebih natural dibanding dengan alas bedak jenis lainnya. Mousse cocok digunakan untuk segala jenis kulit wajah.
7. Compact Foundation
Berbeda dengan jenis foundation yang lain, compact foundi adalah gabungan bedak tabur dan foundi dalam satu tempat. Biasanya berbentuk seperti bedak yang mudah untuk di aplikassikan di wajah.

8. Two way cake

Sama seperti compact foundation, two way cake berbentuk seperti bedak dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Jika dipakai menggunakan spons yang basah, maka akan sama seperti memakai alas bedak cair atau krim cair.

9. Stick

Foundation ini biasanya berbentuk stik dan bisa digunakan untuk menutup segala noda hitam dan flek bekas jerawat yang muncul di wajah. Alas bedak berbentuk stick dianjurkan bagi kulit kering dan normal.

10. Tinted moisturizer

Alas bedak ini berfungsi juga sebagai pelembab wajah dengan dominasi warna coklat dan sesuai dengan semua jenis kulit. Bagi Anda yang ingin menambah kesan kulit eksotis pada wajah, foundation jenis ini sangat disarankan meski tidak bisa menutup flek atau noda hitam pada wajah.
Yupp itulah berbagai jenis foundation yang ada. Tapi saya sebagai penulis artikel ini juga hanya mengetahui beberapa jenis saja yang biasa memang dijual ke masyarakat. Diantaranya itu Liquid Foundation, Creamy Foundation, Mousse dan Stick. Hehe. Secara foundation jenis ini mudah sekali didapatkan di mall-mall. Mulai dari harga yang murah sampai harga yang merobek dompet ada.
Buat saya sendiri, sebenarnya foundation itu memang perlu. Apalagi tujuannya untuk membuat kulit terlihat lebih halus. Tapi pesan saya jangan sering coba-coba, apalagi kalau sudah ketahuan tidak cocok. Sebaiknya lebih memilah-memilih saat ingin membelinya. Jangan salah jalan seperti saya (hehe curhat). Oke disudahi dahulu ngeblognya. Semoga bermanfaat yaa.
sumber : https://lovelyyydee.wordpress.com/2014/04/09/foundation-wajah-itu-apa-sih/


MENGENAL MACAM-MACAM FOUNDATION WAJAH

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merias wajah. Salah satu yang tepenting dan paling mendasar adalah foundation (alas bedak). Pemilihan foundation yang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir make up yang sempurna.

Foundation untuk wajah memiliki bermacam-macam bentuk serta fungsi yang berbeda. Kali ini kita akan membahas mengenai foundation yang paling umum digunakan.

1. Foundation Cair (Liquid)

Foundation jenis ini merupakan jenis foundation yang memiliki teksture paling ringan dibanding foundation jenis lain. Banyak orang yang menggunakan foundation ini untuk kegiatan sehari-hari. Jika kalian memiliki jenis kulit berminyak, maka foundation cair menjadi pilihan tepat bagi kulit anda. Karena tidak terlalu menutupi pori-pori. Dengan alasan nyaman dan mudah diaplikasikan, kebanyakan wanita akhirnya menjatuhkan pilihan kepada foundation cair ini.










2. Foundation Cream


Seperti namanya, foundation jenis ini memiliki teksture seperti cream. Foundation cream sangat cocok digunakan untuk jenis kulit normal atau kering. Hal ini dikarenakan foundation ini memberi efek menutupi pori-pori. Karena teksturenya cenderung lebih berat diwajah, maka foundation cream sering kali digunakan untuk acara-acara tertentu yang membutuhkan riasan yang tahan sedikit lebih lama.








3. Foundation Stick dan Padat (Cake)

Sama seperti foundation cream, foundation jenis ini juga sangat cocok bagi jenis kulit normal atau kering. Namun foundation stik atau padat tergolong dalam jenis foundation yang sangat berat di wajah. Maka sebaiknya jika anda ingin menggunakan foundation ini, pakailah dalam acara-acara tertentu saja seperti di acara pesta. Namun dari segi pemakaian, jenis foundation stick tergolong sangat mudah dan praktis.











Nah itulah beberapa macam jenis foundation yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Yang harus diperhatikan adalah sesuaikan warna foundation dengan warna kulit kalian agar dapat menghasilkan warna kulit yang natural.

sumber : http://cintahijabers.blogspot.com/2015/04/mengenal-macam-macam-foundation-wajah.html


1 komentar: