Kamis, 12 April 2012

Macam-Macam Desain Henna

Menurut latar belakang budaya yang berbeda, motif henna dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Desain yang paling terkenal adalah desain dari IndiaArabPakistandan Afrika. Desain- desain tersebut menjadi kiblat dari desain henna di seluruh dunia. Ada beberapa karakteristik yang membedakan motif-motif tersebut. Menurut sebuah situs jasa penyedia henna yang saya baca, ada beberapa ciri untuk membedakan motif-motif tersebut.

1. Indian Mehndi Design
Desain henna india ini merupakan yang paling populer dari yang lain dikarenakan motifnya yang sangat beragam. Ada desain yang sederhana sampai desain yang sangat rumit. Desain Sederhana biasanya memiliki titik besar atau ‘tokoh’  di belakang tangan (dorsal) atau ditengah-tengah telapak tangan. Ujung-ujung jari biasanya juga tak luput. Desain tersebut bisa dibilang mudah, dan dapat diterapkan oleh para pemula. Indian mehdni desain juga bisa sangat rumit dan detail, sehingga dapat memakan waktu yang lama terutama untuk desain pengantin (bridal design). Contoh indian desain :
 2. Arabic Mehndi Design
Berbeda dengan desain india, desain henna arab lebih sederhana. Ciri dari desain ara ini biasanya terdiri dari moti bunga, daun, dll. Ciri khas dari desain ini adalah  desainnya tidak memenuhi tangan dan hanya berupa motif garis-garis yang berisi (bold). desain ini cukup populer karna dalam pembuatannay tidak terlalu banyak menghabiskan henna, dan membutuhkan watu yang tidak lama untuk menunggu henna kering.  Contoh Arabic desain :
3.  African Mehndi Design
Sejenis dengan Arabic desain, desain afrika ini juga tidak teralu berisi. Desain ini memiliki bentuk-bentuk geometris senderhana  yang terdiri dari garis, kotak, dan titik. Ruang antar garis-garis tidak serenggang desain arab. desain ini menutipi tangan dan lengan. desain ini bisa dibilang sederhana namun tetap cantik. Contoh desain afrika :
4. Pakistan Mehndi desain
Desain pakistan mehndi merupakan penggabungan versi rumit dari desain arab dan  indian. Dsain ini juga lebih rumit dan detail, serta biasanya digunakan oleh para pengantin. Biasanya anak-anak menggunakan desain sederhana dari dasain ini dalam perayaan Idul fitri. Contoh pakistan Design ;

1 komentar: