Selasa, 08 September 2015

MENGENAL JENIS BEDAK DAN FUNGSINYA


Vemale.com - Bedak, selalu ada dalam berbagai 'peralatan tempur' makeup wanita. Bedak berfungsi untuk memberikan finishing look atau hasil akhir yang lebih halus seperti yang kita inginkan. Kebanyakan orang belum terlalu memahami jenis dan fungsi bedak. Bedak seringkali dianggap ampuh untuk mengurangi wajah mengkilap akibat minyak berlebih, namun sebenarnya masing-masing jenis bedak ada fungsinya sendiri-sendiri lho.
1. Bedak Padat
Bedak padat atau press powder merupakan bedak tabur yang dipadatkan sehingga menghindari resiko bedak tercecer dan praktis dibawa ke mana-mana. Bedak padat cocok untuk kulit normal cenderung kering, tapi beberapa bedak padat memiliki panduan apabila memang bedak tersebut cocok digunakan untuk jenis kulit lainnya.
Bentuk lain dari bedak padat adalah bedak two way cake yang memiliki fungsi ganda sebagai foundation atau alas bedak, sekaligus sebagai bedak. Penggunaannya dengan spons lembab agar hasilnya melekat sempurna di wajah. Bedak padat umumnya memiliki ketahanan yang lebih lama dibanding bedak tabur.
2. Bedak Tabur
Bedak tabur berbentuk serbuk atau butiran halus. Bedak semacam ini ringan digunakan di wajah. Meski begitu, bisa digunakan untuk dandanan natural maupun dandanan berat. Loose powder atau bedak tabur, dapat diaplikasikan dengan spons atau kuas untuk memberikan hasil yang merata dan alami. Cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.
Karena bedak tabur tergolong ringan, bila Anda ingin hasilnya bertahan lama, maka Anda perlu menggunakan alas bedak terlebih dahulu. Bila kulit Anda sedang sangat kering, aplikasikan pelembab terlebih dahulu, karena menggunakan bedak tabur pada kulit kering dapat memberikan efek wajah kusam. Banyak yang menyukai bedak tabur karena lebih ringan di wajah, namun bedak ini rentan tercecer dan biasanya dikemas dalam wadah yang cukup besar.
3. Bedak Anti Jerawat
Beberapa produk khusus anti jerawat kadang mengeluarkan bedak sendiri. Bedak anti jerawat bisa berupa bedak padat maupun tabur. Bedanya, bedak anti jerawat diperkaya dengan kandungan anti jerawat seperti triclosan dan sulfur. Selain itu, bedak semacam ini umumnya memiliki kemampuan oil control yang baik.
4. Shimmering dan Bronzing Powder
Pada banyak tutorial makeup, Anda mungkin sering menemukan kosmetik berwarna sangat terang dan sedikit gelap dalam satu wadah. Umumnya memiliki warna natural kulit seperti coklat dan krem. Benda tersebut adalah shimmering dan bronzing powder. Biasanya digunakan untuk memberikan kesan glamour karena mengandung glitter.
Penggunaannya dengan kuas yang cukup besar. Bisa digunakan pada pipi, wajah, tulang hidung, bahkan leher dan punggung. Shimmering dan bronzing powder digunakan pada event-event tertentu seperti saat akan menghadiri pesta, pernikahan dan sebagainya.
Beberapa tips untuk menggunakan bedak antara lain adalah memilih kosmetik yang tepat dengan tone kulit Anda. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari riasan yang terlalu menor atau malah tidak nampak menggunakan bedak. Selain itu, jangan lupa untukmengecek masa kadaluwarsa kosmetik agar terhindar dari iritasi. Semoga bermanfaat, Ladies. 

sumber : http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/19669-mengenal-jenis-bedak-makeup-dan-fungsinya.html


Mengenal Jenis Bedak Makeup & Fungsinya

by UMMI on NOVEMBER 19, 2013

Bedak merupakan salah satu riasan yang wajib dipakai bagi seorang wanita. Tanpa menggunakan bedak, para wanita tidak akan bisa tampil percaya diri, karena selain dapat menyamarkan noda pada kulit wajah, bedak juga bisa menampilkan tekstur kulit agar terlihat lebih halus, cerah, dan mengurangi efek berkilau karena wajah yang berminyak.
Mengenal Jenis Bedak Makeup & Fungsinya
Agar tidak salah pilih dalam menentukan jenis bedak yang akan kamu pakai, simak uraian tentang berbagai jenis bedak dan fungsinya masing-masing berikut ini;
  • Jenis bedak loose powder
Bedak yang biasa dikenal dengan istilah bedak tabur ini bentuknya berupa serbuk yang halus. Bisa dipakai setelah memakai alas bedak terlebih dahulu. Kelebihan dari bedak jenis ini adalah mudah menyerap minyak berlebih di wajah dan mampu menutupi por-pori wajah dengan lebih sempurna. Kekurangannya adalah bedak ini mudah sekali tumpah, dan kurang praktis. Maksimal penggunaannya adalah dua tahun.
  • Jenis bedak compact powder
Bedak ini bentuklnya padat, dan bisa digunakan setelah pemakaian alas bedak. Kelebihan dari compact powder adalah bisa menyerap sekaligus mengurangiwajah minyak dengan cepat. Bentuknya yang padat dan tidak mudah tumpah, sangat praktis untuk di bawa ke mana-mana. Bentuknya yang beragam, memberikan kamu banyak pilihan. Akan tetapi, kekurangan dari bedak ini adalah jika terlalu sering dipulas berulang-ulang dengan bedak padat, akan membuat wajah kamu terlihat seperti memakai topeng. Untuk itu, sebaiknya pulaskan bedak ini tipis-tipis saja. Maksimal penggunaannya hanya hingga 15 bulan saja.

  • Jenis bedak shimmering powder
Jenis ini bentuknya halus, berwarna dan memiliki serbuk-serbuk yang berkilauan. Bedak ini biasanya digunakan sebagai sentuhan terakhir dalam memakai make-up. Selain itu, shimmering powder juga dapat diaplikasikan di anggota tubuh yang terbuka seperti pada leher, punggung, dan lengan. Bedak ini memiliki kelebihan dapat membuat wajah dan tubuh lebih berkilau dan bercahaya. Tersedia pula dalam aneka warna yang bisa disesuaikan dengan tema tata rias kamu. Kekurangannya, bedak ini tidak bisa dipakai sehari-hari dan hanya bisa dipakai pada acara-acara tertentu saja. Penggunaannya maksimal untuk 15 bulan.
  • Jenis bedak two way cake powder
Bedak ini bentuknya hampir sama dengan compact powder, hanya saja bedak ini mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai bedak sekaligus foundation. Two way cake powder bisa langsung digunakan setelah memakai pelembab wajah. Jika kamu ingin menggunakannya sebagai bedak, kamu bisa pakai spon kering untuk memulaskannya. Jika ingin menggunakan sebagai alas bedak, gunakan spon basah.
Kelebihan dari bedak jenis ini, sangat praktis karena juga bisa berfungsi sebagai alas bedak. Jadi, kamu tidak usah repot-repot memakai alas bedak. Kekurangannya adalah, bedak ini memiliki pilihan warna-warna yang sangat terbatas dan tidak mampu menutupi flek hitam di wajah dengan sempurna sehingga tidak bisa maksimal. Masa pemakaian dari bedak ini adalah satu tahun.
  • Jenis bedak meteorite powder
Bedak ini berbentuk bulat-bulat kecil dan berwarna warni. Biasa digunkan sebagai sentuhan akhir make-up. Namun, bedak ini masih sedikit beredar di pasaran karena harganya yang lumayan mahal. Cara memakainya dengan menggunakan kuas besar, bukan dengan spons, dan sapukan ke seluruh wajah. Kelebihan dari meteorite powder adalah bisa membuat wajah tampak lebih bercahaya dan segar. Kekurangannya terletak di harganya yang sangat mahal, dikarenakan belum banyaknya produsen yang mengeluarkan produk semacam ini.
sumber : http://werno-werno.com/mengenal-jenis-bedak-makeup-fungsinya/

Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit Saja, Itu Belum Cukup

by UMMI on NOVEMBER 19, 2013

Setelah mengetahui jenis bedak & fungsinya, agar bisa memperoleh hasil riasan yang memuaskan, kamu juga harus mengetahui tips memilih bedak yang cocok. Karena jika kamu sembarangan memilih, justru akan mengkibatkan timbulnya jerawat, kulit menjadi berminyak, dan juga muncul komedo. Wajah kamu yang semula halus, bisa menjadi rusak akibat salah pilih bedak. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih bedak yang tepat;
Tips Cara Memilih Bedak Sesuai Warna Kulit
  • Pilih bedak yang warnanya sesuai dengan warna kulit wajah kamu. Caranya, bubuhkan sedikit bedak di punggung tangan. Bila warnanya terlihat samar dan tidak mencolok, artinya cocok dengan warna kulit kamu.
  • Pilih bedak yang setingkat lebih terang dari warna kulit wajah agar dapat menutupi kekurangan wajah dengan sempurna.
  • Bubuhkan bedak sesaat setelah foundation kering agar hasilnya lebih sempurna.
  • Jangan lupa mencuci kuas bedak setiap seminggu sekali, dan buang serta gantilah puff (spon) bedak jika sudah kelihatan kotor.
Selain tips di atas, kamu juga harus tahu kalau ternyata ada sebagian produk bedak yang mengandung beberapa bahan berbahaya yang tidak boleh digunakan pada kulit. Diantaranya adalah merkuri. Biarpun merkuri dapat memutihkan dan membuat kulit halus bercahaya, namun jika bahan ini terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dengan dosis atau takaran yang tidak tepat, dapat membahayakan kesehatan kamu.
Meski terkadang sebagian merk bedak yang kita beli ada yang mencantumkan logo bebas merkuri, namun tidak sepenuhnya bisa dijadikan jaminan. Nah untuk bisa mengetahui apakah bedak itu memiliki kandungan merkuri atau tidak, kamu bisa mengetesnya sendiri. Caranya pun sangat mudah, yakni cukup dengan mengoleskan bedak yang agak tebal pada jari kamu. Kemudian, gosoklah bedak tadi dengan bahan emas (kamu bisa gunakan cincin). Dalam waktu yang relative cepat, akan terlihat hasilnya. Jika bedak tersebut berubah warna menjadi hitam atau keabuan, maka bedak tersebut mengandung merkuri. Semakin hitam warna yang kamu dapatkan, maka semakin tinggi pula kadar merkuri didalamnya. So, jadilah wanita yang cerdas dengan memilih kosmetik yang bukan hanya membuat kamu terlihat cantik, tapi pastinya juga sehat bagi tubuh.
sumber : http://werno-werno.com/memilih-bedak-sesuai-warna-kulit-saja-itu-belum-cukup/


Cara Tepat Gunakan Bedak Shimmer

Mengaplikasikan shimmer ,Fungsi pemakaiannya adalah untuk menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan pada wajah. Bagaimana mengaplikasikan shimmer di wajah yang tepat? Berikut langkahnya!
1. Jika Anda ingin menonjolkan tulang pipi, baurkan shimmer di sepanjang tulang pipi atau tepat di atas tulang pipi dengan blush on hingga warnanya menyatu. Hal ini baik untuk menghindari garis-garis aneh yang mengkilap di wajah.
2. Baurkan shimmer di bagian tengah bawah hidung untuk mengesankan efek tirus pada wajah.
3. Gunakan pada tulang alis atau tepat di bawah alis. Anda juga bisa mengaplikasikan shimmer di sudut dalam mata untuk membuat mata terlihat lebih besar.
4. Pulaskan shimmer tepat di lekukan garis bibir bagian atas. Bagian ini adalah yang paling seksi deri bibir, sangat pas untuk ditonjolkan.
5. Aplikasikan shimmer sepanjang tulang dada Anda, terutama jika mengenakan busana tanpa tali maka Anda akan terlihat lebih seksi.
6. Gunakan shimmer warna cerah untuk aktivitas di siang hari. Ulaskan tipis-tipis pada tulang pipi dan tulang alis menggunakan bantuan kuas agar kulit lebih berkilau.
7. Jika Anda memiliki garis-garis keriput halus, gunakan shimmer di daerah wajah yang memiliki sedikit garis keriput, seperti di bawah kelopak bawah mata dan di pipi.
8. Untuk mengaplikasikan shimmer, gunakan brush shimmer yang tipis dan halus. Tujuannya agar shimmer tidak bertabur banyak pada wajah Anda.
sumber : http://www.pusatkosmetik.com/article/show/cara-tepat-gunakan-bedak-shimmer.html


1 komentar: